Minggu, 14 September 2014

PELAYANAN PRIMA

NO         : 011/MP.K/14.9/PP/ed.2/2014
HAL        : PELAYANAN PRIMA
 Faktor penunjang pelayanan penjualan

  1. Kelengkapan Barang :
Kelengkapan Barang Kelengkapan barang yang tersedia dan siap dijual sungguh sangat menunjang keberhasilan di dalam memberikan pelayanan, sebab apalah artinya upaya pelayanan yang sudah kita berikan, jika ternyata ketika pembeli/pelanggan mau membeli barang yang ia perlukan, justeru barangnya belum tersedia atau kehabisan, bukankah pelayanan yang kita beri- kan itu pada dasarnya adalah untuk mendorong pembeli/pelanggan bersedia membeli barang yang kita jual.
Oleh karena itu, kelengkapan barang yang ada di toko hendaknya setiap saat kita kontrol ketersediaannya, atau jika masalah penyediaan barang ini ada pengelola khusus yang menangani, maka kita sebagai sales hendaknya selalu kontak dan menjalin ker- jasama yang solid dengan petugas tersebut.

  1. Kewajaran Harga Barang
Kewajaran Harga Barang Kewajaran harga barang memang sifatnya relatif, karena ukuran standar untuk menentukan tingkat kewajaran harga belum ada yang baku. Jalan yang paling aman yang dapat kita lakukan adalah dengan melihat dan memperhatikan harga pasar. Hubungannya dengan soal pelayanan, memang cukup mempengaruhi dalam menentukan harga.
Sebuah toko, mini market atau tempat perbelanjaan lainnya, jika pemberian pelayanan di tempat tersebut terlihat lebih baik, ada nilai plusnya, jika dibandingkan dengan tempat perbelanjaan lainnya, maka ada kecenderungan bahwa standar harga yang dipatok di tempat tersebut lebih tinggi. Mungkin inilah harga dari sebuah pelayanan. Tentu tidak akan sama harga semang- kok soto yang dijual di warung/kedai di pinggir jalan dengan pelayanan seadanya, dengan harga semangkok soto yang dijual di sebuah café yang dilayani oleh gadis-gadis cantik dan dilengkapi dengan sarana hiburan. Belum lagi soal rasa masakan, kebersihan, kenyamanan dan keamanan, ini juga dapat mempengaruhi harga barang. Lalu, di mana letak kewajaran harga sebuah barang?. Susah memang menjawabnya. Namun yang jelas sudah bukan rahasia lagi, bahwa para pembeli/pe- langgan juga pada umumnya sudah dapat memaklumi adanya perbedaan harga yang cukup mencolok pada tempat-tempat tertentu, sehingga mereka bisa memilih dan mempertimbangkannya. Namun jika kita mampu memberikan pelayanan yang sedikit beda (lebih baik) dengan harga yang tidak berbeda dengan harga pasar/pada umumnya, ini barangkali yang lebih baik.

  1. Kenyamanan dan Keamanan Berbelanja
Kenyamanan dan Keamanan Berbelanja Ini tentu berhubungan dengan sarana dan prasarana yang tersedia. Letak toko, bentuk bangunan, penerangan ruangan, kebersihan ruangan, kelengkapan sarana seperti kipas angin atau AC, aroma yang harum/sejuk, adanya petugas keamanan (Satpam), tempat parkir yang memadai dan sebagainya meru- pakan serangkaian sarana prasarana yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pembeli/pelanggan. Jika ini terpenuhi, maka proses pemberian pelayanan dapat berjalan dengan lancar, tanpa diganggu oleh rasa gerah akibat ruangan yang agak panas, tidak diganggu oleh kekhawatiran pembeli/pelanggan, akibat tidak tersedianya tempat parkir yang cukup aman, sehingga pembeli/pelanggan dapat lebih konsentrasi dan tidak buru-buru mau ke luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar