NO :
011/MP.K/14.9/PP/ed.2/2014
HAL : PELAYANAN PRIMA
Faktor penunjang pelayanan penjualan
- Kelengkapan Barang :
Kelengkapan Barang Kelengkapan barang yang tersedia
dan siap dijual sungguh sangat menunjang keberhasilan di dalam memberikan pelayanan,
sebab apalah artinya upaya pelayanan yang sudah kita berikan, jika ternyata
ketika pembeli/pelanggan mau membeli barang yang ia perlukan, justeru barangnya
belum tersedia atau kehabisan, bukankah pelayanan yang kita beri- kan itu pada
dasarnya adalah untuk mendorong pembeli/pelanggan bersedia membeli barang yang
kita jual.
Oleh karena itu, kelengkapan barang yang ada di toko
hendaknya setiap saat kita kontrol ketersediaannya, atau jika masalah penyediaan
barang ini ada pengelola khusus yang menangani, maka kita sebagai sales
hendaknya selalu kontak dan menjalin ker- jasama yang solid dengan petugas
tersebut.
- Kewajaran Harga Barang
Kewajaran Harga Barang Kewajaran
harga barang memang sifatnya relatif, karena ukuran standar untuk menentukan
tingkat kewajaran harga belum ada yang baku. Jalan yang paling aman yang dapat
kita lakukan adalah dengan melihat dan memperhatikan harga pasar. Hubungannya
dengan soal pelayanan, memang cukup mempengaruhi dalam menentukan harga.
Sebuah toko, mini market atau tempat
perbelanjaan lainnya, jika pemberian pelayanan di tempat tersebut terlihat
lebih baik, ada nilai plusnya, jika dibandingkan dengan tempat perbelanjaan lainnya,
maka ada kecenderungan bahwa standar harga yang dipatok di tempat tersebut
lebih tinggi. Mungkin inilah harga dari sebuah pelayanan. Tentu tidak akan sama
harga semang- kok soto yang dijual di warung/kedai di pinggir jalan dengan
pelayanan seadanya, dengan harga semangkok soto yang dijual di sebuah café yang
dilayani oleh gadis-gadis cantik dan dilengkapi dengan sarana hiburan. Belum
lagi soal rasa masakan, kebersihan, kenyamanan dan keamanan, ini juga dapat
mempengaruhi harga barang. Lalu, di mana letak kewajaran harga sebuah barang?.
Susah memang menjawabnya. Namun yang jelas sudah bukan rahasia lagi, bahwa para
pembeli/pe- langgan juga pada umumnya sudah dapat memaklumi adanya perbedaan
harga yang cukup mencolok pada tempat-tempat tertentu, sehingga mereka bisa
memilih dan mempertimbangkannya. Namun jika kita mampu memberikan pelayanan
yang sedikit beda (lebih baik) dengan harga yang tidak berbeda dengan harga
pasar/pada umumnya, ini barangkali yang lebih baik.
- Kenyamanan dan Keamanan Berbelanja
Kenyamanan dan Keamanan Berbelanja Ini tentu
berhubungan dengan sarana dan prasarana yang tersedia. Letak toko, bentuk
bangunan, penerangan ruangan, kebersihan ruangan, kelengkapan sarana seperti
kipas angin atau AC, aroma yang harum/sejuk, adanya petugas keamanan (Satpam),
tempat parkir yang memadai dan sebagainya meru- pakan serangkaian sarana
prasarana yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para
pembeli/pelanggan. Jika ini terpenuhi, maka proses pemberian pelayanan dapat
berjalan dengan lancar, tanpa diganggu oleh rasa gerah akibat ruangan yang agak
panas, tidak diganggu oleh kekhawatiran pembeli/pelanggan, akibat tidak
tersedianya tempat parkir yang cukup aman, sehingga pembeli/pelanggan dapat lebih
konsentrasi dan tidak buru-buru mau ke luar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar